RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca
kalimat dalam Alquran
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran
melalui kalimat dengan benar
2. Siswa dapat melafalkan kalimat dalam Alquran
dengan benar sesuai harakat dan makhraj
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Membaca kalimat dalam Alquran
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara klasikal, kelompok dan individu setelah
mendengar penjelasan dari guru
2.
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara
berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam
Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F
Memperkenalkan bahan ajar mengenai huruf, kata dan
kalimat dalam Alquran (melalui Fitur Mutiara Islam dan
sepenggal kisah)
2. Kegiatan
Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf, kata
dan kalimat dalam Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diperkenalkan macam-macam harakat dan makhraj (keluarnya
huruf)
F
Siswa secara berulang-ulang melafalkan huruf, kata dan
kalimat sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang
cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan
makhraj yang benar
F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat /
Sumber Belajar:
1. Alquran
(Juz Amma)
2. Tulisan
harakat, huruf, kata dan kalimat Alquran pada karton
3. Kaset dan
CD Alquran
4. Buku
Pendidikan Agama Islam
5. Buku
Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
1.
Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di
bawah ini:
a. مَرْضِيٌّ
b. يَدْخُلُ
c. اَنْهَارٌ
2.
Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat
dan makhrajnya:
a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2 Menulis
kalimat dalam Alquran
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menulis
kalimat Alquran dengan benar
2.
Siswa dapat menulis ayat-ayat Alquran dengan
benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Menulis kalimat dalam Alquran.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih menulis huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara individu
2. Siswa berlatih merangkaikan huruf-huruf
hijaiah menjadi huruf hijaiah sambung atau sebaliknya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Guru mengulang kembali uraian tentang huruf, kata dan
kalimat dalam Alquran secara ringkas
F Memperkenalkan bahan ajar mengenai cara menulis huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diperkenalkan cara
merangkaikan huruf-huruf menjadi huruf
hijaiah sambung
F
Siswa menyalin huruf, kata dan kalimat dalam
Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa merangkaikan huruf-huruf hijaiah
menjadi huruf hijaiah sambung
F
Siswa menulis ayat-ayat Alquran sesuai dengan
tugas yang diberikan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa membaca dan memahami bacaan
pada intisari (halaman 9)
F Siswa
mengerjakan latihan dan menuliskannya di buku tugas
Alat/Sumber Belajar:
1.
Alquran (Juz Amma)
2. Tulisan
harakat, huruf, kata dan kalimat Alquran pada karton
3. Kaset
dan CD Alquran
4. Buku
Pendidikan Agama Islam
5. Buku
tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes tulis
Tes tulis
|
Penulisan
Penulisan
|
![]()
a.
allahu kabirun
b. fihi
mukhtolifun
c. lan tantahi
![]()
a. lam yalid walam yulad
b. amma yatasa alun
c. kalla saya’lamunna
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sifat wajib Allah
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT
2. Siswa dapat menyebutkan lima sifat wajib bagi
Allah SWT dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Sifat wajib Allah SWT.
Metode Pembelajaran: 1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang definisi sifat wajib bagi Allah SWT
2. Siswa berlatih menyebutkan lima sifat wajib
bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan cerita
singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar (melalui sepenggal kisah)
F Mengajukan beberapa
pertanyaan tentang siapa Allah SWT
F Memberi pendahuluan
menggunakan fitur mutiara Islam tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar
yang disajikan
F
Siswa menyampaikan pendapat tentang definisi sifat wajib bagi Allah SWT
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan lima sifat wajib bagi
Allah SWT secara klasikal, kelompok dan
individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F
Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan sifat wajib
bagi Allah SWT secara berkelompok
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan
lima sifat wajib Allah di karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Pengalaman
guru
5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes tulis
Tes tulis
|
Essay
Jawaban singkat
|
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal
sifat wajib Allah
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengartikan
lima sifat
wajib Allah SWT
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan
makhluk-Nya
2. Siswa dapat mengartikan lima sifat
wajib bagi Allah SWT
3. Siswa dapat memahami setiap arti
dari lima sifat wajib bagi Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Sifat wajib Allah SWT .
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan Tanya jawab dengan
teman-temannya tentang perbedaan sifat Allah dengan makhluk-Nya
2.
Siswa berlatih mengartikan lima sifat wajib bagi
Allah SWT
3.
Siswa mengkaji kandungan
dari lima sifat
bagi Allah SWT
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Memberikan uraian singkat tentang materi sebelumnya
F Meminta siswa untuk
menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan penjelasan dan uraian guru berkaitan dengan
bahan ajar yang disajikan
F
Siswa mengemukakan pendapat tentang perbedaan sifat Allah SWT dengan
makhlukNya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa mengartikan lima
sifat wajib bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
F
Siswa menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT beserta
artinya secara klasikal, kelompok dan individu
F
Siswa mengkaji kandungan lima sifat wajib bagi Allah SWT secara
berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang
dibacakan guru
F Siswa mengerjakan
latihan, dan menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulis lima
sifat wajib bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima sifat wajib bagi
Allah SWT pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama
Islam.
3. Buku-buku lain yang
relevan
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
|
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami
dan menjelaskan pengertian perilaku percaya diri
2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
3. Siswa dapat menyebutkan manfaat perilaku percaya diri
4. Siswa dapat menjelaskan cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
5.
Siswa mampu bersikap dan berperilaku percaya diri
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun
( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku
percaya diri.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan
teman-temannya membahas bahan ajar sikap percaya diri dan pengertiannya
2.
Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
3.
Siswa berlatih menyebutkan manfaat perilaku percaya diri
4.
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara
menumbuhkan perilaku percaya diri
5. Siswa menerapkan perilaku percaya diri dalam praktik kesehariannya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F
Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan
sikap percaya diri
F Memperkenalkan bahan ajar sikap
percaya diri (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Beberapa siswa membaca bahan ajar sikap percaya diri, siswa lainnya
menyimak dengan baik
F
Siswa mendengarkan
dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa mengartikan sikap percaya diri
F
Siswa menunjukkan cirri-ciri orang yang bersikap percaya
diri
F
Siswa menyebutkan keuntungan orang yang percaya diri
F
Siswa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh sikap
tidak percaya diri
F
Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada.
F Mengadakan
tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga tentang
perilaku percaya diri
2. Buku Pendidikan Agama
Islam.
3. Buku-buku lain yang
relevan
4. Alquran
(juz Amma)
5. Pengalaman
guru atau peribadi
6. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis
|
Essay
Pilihan
ganda
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
|
![]() ![]()
a. sombong
b. percaya diri
c. kikir
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : ________________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III /
1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.2 Menampilkan perilaku tekun
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami
dan menjelaskan pengertian perilaku tekun
2.
Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh
perilaku tekun
3.
Siswa dapat menyebutkan manfaat perilaku
tekun dalam belajar dan bekerja
4.
Siswa mampu bersikap dan berperilaku tekun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku tekun.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar perilaku tekun dan
pengertiannya.
2.
Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun
3.
Siswa berlatih menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar
dan bekerja
4.
Siswa berlatih membacadan menghafal doa sebelum dan sesudah
belajar
5.
Siswa menerapkan perilaku tekun dalam praktik kesehariannya
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Memberikan cerita singkat yang berhubungan dengan bahan
ajar
F
Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan
sikap tekun belajar
F Mengkorelasikan materi sebelumnya
dengan bahan ajar sikap tekun belajar
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan
ajar yang disajikan
F
Siswa menjelaskan kebiasan sikap tekun dalam belajar
F
Siswa mengamati gambar peraga
dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menunjukkan contoh-contoh
perilaku tekun dalam belajar dan bekerja
F
Siswa menyebutkan cara belajar yang baik
F
Siswa diperkenalkan bacaan doa belajar
F
Siswa secara individu dan kelompok membaca dan menghafal
doa sebelum dan sesudah belajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta untuk melakukan
aktivitas .
F Guru
memberi tugas siswa untuk menulis contoh-contoh tekun dari pengalaman mereka
masing-masing dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Gambar
peraga tentang perilaku tekun
2. Buku
Pendidikan Agama Islam .
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Cerita-cerita
islami yang berkaitan dengan bahan ajar
5. Tulisan
lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
6. Alquran
(juz Amma)
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() ![]() |
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Essay
Pilihan ganda
Jawaban singkat
|
![]() ![]()
a. tekun
b. malas
c.
bermain
![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III/1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Menampilkan perilaku hemat
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa
dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku hidup hemat
2. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku hidup hemat
3.
Siswa dapat menjelaskan cara-cara hidup hemat
4.
Siswa dapat menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
5.
Siswa mampu bersikap dan berperilaku hidup hemat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Perilaku hemat.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan dikusi dengan
teman-temannya membahas bahan ajar perilaku hidup hemat dan pengertiannya
2. Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku hidup hemat
3.
Siswa berlatih menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
4.
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara hidup
hemat
5.
Siswa menerapkan perilaku hidup hemat dalam praktik kesehariannya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
pengalaman mereka dalam menggunakan uang yang diberikan orangtua mereka
F
Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan
disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan
ajar yang disampaikan
F Siswa menjelaskan ciri-ciri orang yang hemat dan cirri-ciri orang yang boros
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menunjukkan contoh perilaku
hidup hemat
F
Siswa menyebutkan keuntungan orang yang hidup hemat dan
kerugian orang yang boros
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang
cara-cara hidup hemat melalui pengalaman mereka sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta untuk melakukan aktivitas .
F
Siswa melakukan aktivitas.
F
Siswa menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
menggunakan bahasa sendiri
F
Siswa membaca dan memahami bacaan intisari
F Guru
memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar
peraga tentang perilaku hidup hemat
2. Cerita-cerita
Islami yang berhubungan dengan perilaku hidup hemat
3. Buku
Pendidikan Agama Islam.
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis
|
Essay
Pilihan
ganda
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
|
![]() ![]()
a.
membeli
mainan
b.
ditabung
c.
dihabiskan
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 4. Melakukan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar : 4.1 Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan
benar
2. Siswa dapat menghafalkan bacaan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Bacaan salat.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan
individu
2. Siswa menghafalkan bacaan salat secara
kelompok dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang masalah salat
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur
Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu
mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa mengulang-ulang bacaan salat
secara kelompok dan individu
F
Siswa yang telah menguasai hafalan bacaan salat,
menampilkan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
dengan menggunakan bahasa sendiri
F
Guru mendengarkan siswa mengulang hafalan bacaan salat
mereka secara berkelompok dan individu
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal
bacaan salat di karton
2. Gambar
peraga salat
3. Kaset
dan CD tentang bacaan dan gerakan salat
4. Buku
Pendidikan Agama Islam.
5. Buku
tata cara salat
6. Pengalaman
guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes tulis
Tes tulis
|
Pelafalan
Hafalan
|
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 4. Melaksanakan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar : 4.2 Menampilkan keserasian
gerakan dan bacaan salat
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu mempraktikkan gerakan salat dengan
benar dan berurutan
2.
Siswa mampu mempraktikkan keserasian antara
gerakan dan bacaan salat dengan benar dan berurutan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Keserasian antara gerakan dan bacaan salat
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih mempraktikkan gerakan salat
mengikuti gerakan guru.
2. Siswa mempraktikkan keserasian antara gerakan
dan bacaan salat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan pelajaran yang
telah di dapat tentang masalah salat dengan bahan ajar keserasian gerak dan
bacaan salat
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar
yang disampaikan
F Siswa memperhatikan gerakan salat pada gambar peraga
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa
mempraktikkan gerakan-gerakan salat secara klasikal dan berkelompok
F Siswa
mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal dan
berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta melakukan aktivitas
F
Siswa membaca dan memahami bacaan intisari
F
Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan
ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal
bacaan salat di karton
2. Gambar
peraga salat
3. Kelas/ruangan/mushala
4. Alat
perlengkapan salat
5. Kaset
dan CD tentang bacaan dan gerakan salat
6. Buku
Pendidikan Agama Islam hal
7. Buku
tata cara salat
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
![]() ![]() |
Tes praktik
Tes praktik
|
Praktik
Praktik
|
![]() ![]() |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai
sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan
Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK :
...........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar