Minggu, 04 Mei 2014

MANFAAT MENDENGAR MUSIK

Manfaat Kesehatan dari Mendengarkan Musik

Manfaat Kesehatan dari Mendengarkan Musik
Musik yang penuh perasaan bersifat menyembuhkan. Penelitian telah membuktikan bahwa mendengarkan musik memiliki kekuatan untuk menyembuhkan kita secara fisik dan psikologis. Dan siapa sih yang tidak menyukai musik? Dari lagu pengantar tidur hingga lagu rock, variasi musik sangat lah luas. Musik bisa dipilih sesuai dengan minat setiap orang. Musik yang sangat sesuai dengan hati seseorang bahkan telah terbukti dapat menyembuhkan penyakit mental dan penyakit terkait lainnya. Berikut ini adalah 5 manfaat kesehatan dari mendengarkan musik.
  1. Musik membantu mengurangi rasa sakit secara fisik
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita sakit secara fisik menunjukkan tanda perbedaan dalam menahan sakit ketika mereka mendengarkan musik. Musik benar-benar mengurangi intensitas nyeri yang pasien rasakan; dan terapi musik telah menjadi norma dalam pengobatan paliatif – cabang dari perawatan kesehatan yang berfokus pada meringankan dan mencegah rasa sakit yang diderita oleh pasien.
2. Musik membantu orang makan lebih sedikit
Ketika musik yang lembut dimainkan sebagai latar belakang, orang cenderung untuk fokus pada apa yang mereka makan dan berapa banyak mereka makan. Makan dengan lebih sedikit tentu saja membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendengarkan musik pasti membantu dalam mencapai tujuan ini. Tapi Anda juga harus memastikan musik yang dimainkan memang musik yang lembut atau bahkan fakta yang sebaliknya juga benar. Anda cenderung makan lebih banyak ketika musik yang dimainkan adalah musik yang hingar bingar dan memiliki melodi yang menggembirakan.
3. Musik meningkatkan fungsi pembuluh darah
Penelitian ilmuwan telah menemukan bahwa dengan mendengarkan musik yang menyenangkan; emosi yang dihasilkan memiliki perbedaan nyata dalam fungsi pembuluh darah. Ada peningkatan dalam aliran darah dan itu membuat jantung memompa dengan irama yang teratur. Hal ini pada gilirannya membantu menjaga jantung dan tubuh yang sehat karena ada cukup pasokan oksigen ke otak.
4. Musik membantu tidur menjadi lebih baik
Ini adalah fakta yang sudah diketahui bahwa orang-orang tidur dengan lebih baik saat mendengarkan musik. Contoh terbesar adalah lagu pengantar tidur yang ibu nyanyikan untuk anak-anak mereka selama berabad-abad. Orang dewasa juga tidur dengan lebih baik saat mendengarkan musik yang menenangkan dan lembut sebelum tidur. Musik tidak hanya membantu Anda tidur dengan baik, tetapi kualitas tidur akan meningkat juga. Orang-orang lebih sedikit mengalami mimpi buruk ketika mereka mendengarkan musik sebelum tidur. Ketika Anda sedang merasa tertekan dengan suatu masalah, Anda bisa mencoba mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur agar Anda bisa merasa tenang dan tidak bermimpi buruk.
5. Musik mengangkat suasana hati dan mengurangi depresi
Ini adalah sebuah fakta yang terbukti secara klinis bahwa dengan mendengarkan musik favorit, akan mengangkat suasana hati Anda dan mengurangi depresi untuk sebagian besar orang. Terapi musik secara cepat telah menjadi bagian dari pengobatan masalah psikologis karena bisa menenangkan saraf dan membantu otak mengirimkan sinyal positif bagi tubuh.
Mendengarkan musik tidak hanya merupakan hobi yang baik tetapi juga membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Karena ada begitu banyak manfaat kesehatan hanya dengan mendengarkan musik yanng penuh perasaan, coba terapkan hal ini sejak awal. Bagaimana dengan musik favorit pilihan Anda? Apakah ada manfaat yang telah diberikan pada kesehatan Anda ketika Anda mendengarkan musik favorit Anda? Silahkan berbagi pengalaman Anda di kolom komentar.

SUMBER : http://us.log.viva.co.id/news/read/501082-manfaat-kesehatan-dari-mendengarkan-musi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar