Minggu, 02 Desember 2012

Alhamdulillah, Palestina diakui PBB

Alhamdulillah, Palestina Diakui PBB

Written By Admin BeDa on Jumat, 30 November 2012 | 07:00

Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS) akhirnya mengakui peningkatan status Palestina sebagai negara pemantau non anggota, Kamis (29/11). Sebanyak 138 negara mendukung peningkatan status Palestina, sedangkan sembilan negara menolak dan 41 negara lainnya abstain.

Negara yang menolak status Palestina adalah Israel. Penolakan oleh Negara Zionis itu didukung sekutunya, termasuk AS dan Kanada.

Dengan status baru itu, Palestina dapat bergabung dalam organisasi PBB serta terlibat dalam perjanjian internasional. Ini bisa menjadi langkah maju guna mengupayakan jalur diplomasi mewujudkan kemerdekaan negaranya.

Setelah Presiden Pertemuan Ke-67 Sidang Majelis Umum, Vuk Jeremic, mengumumkan hasil voting, sambutan meriah datang dari ruang Sidang Majelis Umum.

Banyak duta besar dan diplomat menyambangi untuk berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas guna menyampaikan ucapan selamat mereka.

Namun bagi Israel, status itu bukan berarti ada pengakuan terhadap Negara Palestina. Negara zionis ini balik menuduh upaya tersebut dapat memicu terhenti bahkan rusaknya peta jalan damai Israel - Palestina. [IK/Rpb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar